Selamat Datang di Website kami

Mahkotapallet.com- Agar Tidak Salah Pilih Ketahui 2 Perbedaan Stretch Film dan Cling Film Berikut ini. Ternyata sampai saat ini masih ada yang menyamakan antara stretch film dan Cling film padahal keduanya berbeda. Nah kali ini mahkotapallet akan menjebarkan apa perbedaan antara Stretch Film VS  Cling Film.

Ketahui 2 Perbedaan Stretch Film dan Cling Film Agar Tidak Salah Pilih

Apa Itu stretch film?

Stretch film atau stretch wrap adalah bahan plastik elastis bening yang digunakan untuk membungkus pallet atau barang sebelum dikirim. Jenis bahan yang umumnya terdapat pada stretch film adalah linear low-density polyethylene atau LLDPE, dimana bahan tersebut merupakan hasil kopolimerisasi dari ethylene dengan alpha-olefins.

Kemampuan elastis yang unik atau kemampuan meregang dari film regangan sangat ideal untuk mengamankan produk dan memastikan mereka terikat erat.

Apa Itu stretch film?


Menggunakan stretch film untuk mengamankan pallet atau produk adalah solusi yang sangat hemat biaya dan efektif dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Dan setelah stretch wrap diterapkan, ia menawarkan tingkat perlindungan yang luar biasa.

Berbagai Jenis stretch film
Stretch film ditawarkan dalam berbagai jenis, ukuran, formulasi, dan ketebalan. Beberapa jenis stretch film yang paling umum tercantum di bawah ini:

1. Stretch film baby roll 
Stretch film ini memiliki ukuran kecil dan dirancang untuk diterapkan dengan tangan. Karena diaplikasikan secara manual maka tidak menawarkan efisiensi, kecepatan, dan skala peregangan mesin. Untuk produk yang dibungkus pun memiliki ukuran yang kecil. 
 
2. Stretch film hand roll 
Stretch film ini dirancang untuk diterapkan dengan tangan. Jenis film ini secara teratur digunakan dalam operasi kapasitas yang lebih kecil. Sementara stretch film ini mungkin tidak menawarkan efisiensi, kecepatan, dan skala peregangan mesin, ini adalah pilihan yang menarik jika Anda ingin menghindari biaya modal mesin stretch film.
 
3. Stretch film machine roll 
Seperti namanya, mesin stretch film dirancang untuk diterapkan pada mesin. Ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan film peregangan tangan termasuk efisiensi, keamanan, kecepatan, dan biaya bahan yang lebih rendah. Pada saat yang sama, stretch film mesin menghasilkan beban yang lebih aman.

Apa itu Cling Wrap? 
Cling wrap, cling film, plastic wrap, adalah film tipis yang digunakan terutama untuk menyegel makanan dalam wadah untuk mengawetkannya dalam waktu lama. Plastik wrap memiliki spesifikasi food grade atau aman untuk makanan dan terbuat dari bahan Low-Density Polyethylene atau LDPE.

Jenis plastik ini tidak memiliki bahan berbahaya yang dapat larut pada makanan atau memiliki zat yang tahan terhadap berbagai suhu makanan dan minuman

Cling Wrap


Cling wrap biasanya dijual dalam bentuk gulungan dalam kotak yang memiliki ujung tombak. Bahan ini dirancang untuk melekat pada permukaan yang halus dan juga dirinya sendiri.
Cling wrap direkayasa untuk mempertahankan peregangan yang ketat selama beberapa waktu tanpa menggunakan perekat.

Jenis Cling Wrap

1. Cling Bungkus dengan Kotak Pemotong
Salah satu jenis bungkus cling yang paling umum adalah bungkus plastik dengan kotak pemotong, yang merupakan desain standar yang akan Anda lihat pada produk kelas konsumen.

Seringkali lebih tahan lama, cling wrap kelas komersial dengan kotak pemotong sangat cocok untuk digunakan di toko makanan, toko roti, dan dapur. Ini memiliki kotak pemotong yang memiliki gigi logam di sepanjang lebar kotak untuk menyederhanakan pemotongan dan pemotongan.

2. Cling Wrap dengan Pemotong Geser
Gulungan cling wrap ini identik dengan cling wrap dengan kotak pemotong. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa desain pemotong geser jauh lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan. Meskipun cling wrap pemotong geser lebih mahal, ini dapat memberi Anda keuntungan tambahan berupa efisiensi dan keamanan.

Dengan gulungan ini, mekanisme geser yang mudah digunakan membuat potongan bersih pada film dengan panjang yang diinginkan.

3. Mesin Cling Wrap
Sama seperti stretch film yang dapat diaplikasikan secara manual atau mekanis, cling wrap juga sama. Peralatan cling wrap dirancang untuk memotong dan mengeluarkan cling wrap dengan cepat dan mudah. Cling wrap mesin ditawarkan dalam berbagai ukuran untuk memenuhi hampir semua kebutuhan.

Perbedaan Antara Stretch Film vs Cling Film?

1.Bahan plastik yang digunakan.
Perbedaan menonjol dari kedua produk packaging ini adalah pada bahan yang digunakan untuk membuatnya, yaitu: stretch film dibuat dari bahan inear low-density polyethylene atau LLDPE, sedangkan cling wrap dibuat dari bahan Low-Density Polyethylene atau LDPE  Jenis plastik ini tidak memiliki bahan berbahaya yang dapat larut pada makanan dan yang tahan terhadap berbagai suhu makanan dan minuman

Sedangkan Cling wrapp memiliki spesifikasi food grade atau aman untuk makanan dan terbuat dari bahan Low-Density Polyethylene atau LDPE. Jenis plastik ini tidak memiliki bahan berbahaya yang dapat larut pada makanan atau memiliki zat yang tahan terhadap berbagai suhu makanan dan minuman  melindungi makanan untuk meningkatkan umur simpannya tanpa menurunkan kualitas.

Jadi, kalau Anda ingin wrapping makanan gunakanlah cling film, karena kalau stretch film mengandung bahan yang berbahaya buat makanan.

2.Perbedaan kedua terletak pada ketebalannya.
Untuk stretch film kalau kita pegang dan di tarik terasa lebih kuat dan tebal, sedangkan cling film terasa lebih tipis dan lebih lentur.

Apakah Stretch Film dan Cling Film bisa digunakan untuk Membungkus Makanan?
Singkatnya, jawabannya adalah ya. Namun, ada perbedaan cara membungkusnya. stretch film dapat digunakan untuk membungkus wadah makanan sementara cling film dapat diterapkan untuk membungkus makanan itu sendiri.

 

Ketahui 2 Perbedaan Stretch Film dan Cling Film Agar Tidak Salah Pilih

Demikian tadi informasi yang kami sampaikan, untuk itu Ketahui 2 Perbedaan Stretch Film dan Cling Film Agar Tidak Salah Pilih.