Selamat Datang di Website kami

Mahkotapallet.com - Kegunaan dan Jenis-Jenis Pallet dalam Dunia Logistik. Pallet bukan benda yang asing bagi para pekerja yang bekerja di perusahaan logistik atau pabrik, karena pallet biasa ditemukan di pabrik dan pergudangan. Namun kegunaan pallet dan beserta jenis-jenisnya di rasa perlu untuk diketahui oleh orang biasa pada umumnya. 

Kegunaan dan Jenis-Jenis Pallet dalam Dunia Logistik


Mahkotapallet adalah salah satu perusahaan yang memakai pallet untuk tatakan barang di gudang dan pengiriman. Dan selama ini, pallet sangat karena menunjang kelangsungan penyimpanan dan pengiriman barang. Lalu apa saja kegunaan dari pallet beserta jenis-jenisnya yang biasanya dipakai di perusahaan logistik?

Fungsi Pallet
Pallet yaitu sebuah alat yang umumnya terbuat dari kayu berbentuk persegi datar dengan rongga-rongga. Fungsi palet dalam dunia logistik adalah alas atau wadah untuk meletakkan barang-barang pengiriman yang disimpan di gudang. Barang yang diletakkan di atas palet, akan lebih mudah di angkat dengan forklift karena terdapat rongga khusus garpu forklift pada bagian bawah palet.

Selain untuk efisiensi pengangkutan barang, palet juga berfungsi sebagai tatakan penyimpanan barang di gudang dan untuk melindungi barang dari lantai yang berair atau lembab.

Jenis-Jenis Pallet Dalam Dunia Logistik
Jenis pallet sekarang ini berkembang begitu pesat. Kalau dulu pallet hanya dibuat dari kayu, sekarang sudah bisa dibuat dengan plastik, dengan kardus, dan besi/logam.  Ada berbagai jenis palet yang lazim digunakan dalam dunia logistik. Secara garis besar, jenis pallet sendiri terbagi kedalam dua kategori. Yang pertama pallet berdasarkan drive direction dan pallet berdasarkan bahan materialnya.

Palet Berdasarkan Drive Direction
a. Pallet 2 Ways
Pallet 2 ways memungkinkan forklift mengambil barang dari 2 sisi, yaitu sisi depan dan juga sisi belakang.

Pallet plastik 2 way


b. Pallet 4 ways
Pallet 4 ways memungkinkan forklift mengangkut barang dari 4 sisi yaitu sisi depan, sisi belakang, sisi kiri dan kanan.



Jenis Pallet Berdasarkan Bahan Materialnya
a. Pallet Kayu
Pertama kali pallet dibuat dengan menggunakan kayu, makanya disebut pallet kayu. Jenis kayu yang digunakan juga bukan sembarang kayu melainkan kayu dari pohon terpilih. Indonesia adalah negara pemakai pallet kayu terbanyak di dunia, sebab bahan baku kayu banyak terdapat Indonesia. Jadi material untuk pembuatan pallet kayu cukup mudah diperoleh.

pallet kayu


Kelebihan pallet kayu adalah: harga lebih murah, bisa digunakan untuk  tatakan barang-barang berat dan bisa di custom.
Kekurangan: tidak anti air, jamur dan serangga. Kalau kotor susah dibersihkan dan tidak cocok untuk inustri food grade.

b. Pallet Plastik
Pallet ini terbuat dari bahan plastik. Perbedaan mendasar dari pallet yang terbuat dari plastik dan juga kayu ialah pada sisi atasnya. Pallet kayu pada sisi atasnya dibentuk dari kayu yang melintang dan terdapat jarak antar kayu tersebut. Sementara pallet plastik di atasnya tertutup rata atau berbentuk jaring. 

pallet plastik
 

Kelebihan dari pallet plastik adalah bahannya yang awet dan tak mudah rusak. Anti rayap, anti air, anti serangga. Jenis pallet ini ringan cocok sekalu digunakan untuk kebutuhan ekspor atau pengiriman barang. Serta industri yang gudang atau tempat penyimpanannya dingin.
Kekurangan pallet ini: Barang yang bisa diangkat beratnya tidak bisa berat sekali. Tidak bisa di custom seperti pallet kayu, kalau pun bisa dibutuhkan biaya yang cukup besar.

c. Pallet Kardus
Pallet ini terbuat dari kertas kardus. Jenis pallet ini cukup kuat untuk menahan bobot di atas 100 kg. Pallet kardus termasuk pallet yang ramah lingkungan sebab dapat di daur ulang.  Pallet kardus banyak di pakai oleh negara Jepang.
Kelebihan: berat lebih ringan, dapat didaur ulang, ukuran dan spesifikasi berdasarkan permintaan
Kekurangan: Tidak tahan air, beban yang diangkat terbatas

 

pallet kardus


d. Pallet Logam
Jenis pallet ini adalah jenis yang paling kuat diantara pallet lainnya. Pallet logam lazimnya terbuat dari besi. Pallet besi atau logam juga merupakan palet yang paling mahal di bandingkan yang lain. Walaupun jenis pallet ini terbilang yang paling kuat, tetapi ia juga mempunyai kelemahan.
yaitu jenis pallet logam lemah terhadap air, karena dapat menyebabkan karat. Kecuali jika pallet logam terbuat dari bahan besi yang tahan terhadap karat.



Demikian tadi, kegunaan dan jenis-jenis pallet, dari jenis pallet tersebut di atas, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?  Setiap jenis pallet memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi Anda bisa memanfaatkan jenis pallet dengan menyesuaikan jenis palletnya.

Misalnya, untuk kebutuhan pemindahan mesin berat Anda membutuhkan pallet besar yang bisa menahan beban mesin yang berat, pallet apa yang sebaiknya digunakan?
Jawabannya adalah pallet kayu, kenapa pallet kayu: karena pallet kayu bisa monopang beban yang berat, tidak mudah slip, bisa di custom sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Apabila Anda merasa kesulitan mencari pallet yang dibutuhkan untuk industri Anda, jangan ragu menghubungi mahkotapallet.  Costumer service kami dengan senang hati akan membantu Anda memilih pallet yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Baca juga pallet apa yang tepat untuk pergudangan.