Selamat Datang di Website kami

Mahkotapallet.com - Mengenal Keunggulan dan Kekurangan Pallet Kayu. Seperti halnya pallet plastik, ada juga sejumlah keuntungan menggunakan pallet kayu. Salah satu keuntungan terbesar yang dimiliki kayu dibandingkan plastik adalah biaya. Palet kayu jauh lebih murah daripada palet plastik (2-3 kali lebih murah), tetapi biaya bukanlah satu-satunya perhatian Anda.

 

pallet kayu dan pallet plastik


 Keunggulan Pallet Kayu

Palet kayu bisa menahan beban lebih banyak. Faktanya, sebenarnya tidak ada batasan atas berat karena palet kayu dapat diperkuat dan dibangun untuk menopang hampir semua beban. Yang membawa kita ke keuntungan serius lain dari palet kayu dibandingkan plastik.

Palet kayu dapat dirancang khusus untuk apa pun yang ingin Anda kirim. Mereka juga bisa dibangun dari hutan yang berbeda untuk membuatnya lebih kuat, jika perlu. Jika palet plastik tersedia dalam ukuran yang cukup standar, palet kayu dapat berukuran berapa pun yang Anda inginkan tanpa menambah biaya secara signifikan, meskipun palet khusus jelas lebih mahal daripada palet ukuran standar “off the shelf”.

Palet kayu benar-benar dapat digunakan kembali dan didaur ulang. Mereka dapat digunakan lebih dari sekali, dan jika palet kayu rusak, dapat diperbaiki. Faktanya, ada banyak bisnis yang mengkhususkan diri pada perbaikan palet. Jika palet kayu tidak dapat diperbaiki lagi, palet tersebut dapat ditumbuk menjadi mulsa atau alas hewan peliharaan, hingga akhirnya rusak dan kembali ke bumi.

Palet kayu benar-benar ramah lingkungan.
Palet kayu benar-benar dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang & ramah lingkungan - bila palet # kayu mengalami kerusakan, palet tersebut dapat diperbaiki. Kayu juga tidak memiliki jejak karbon.

Mereka juga berkelanjutan dan memiliki jejak karbon yang sangat kecil, sesuatu yang banyak perusahaan coba minimalkan dalam rantai pasokan mereka.

Sehubungan dengan palet, jejak karbon adalah ukuran emisi gas rumah kaca yang terkait dengan umur palet. Palet yang terbuat dari kayu yang dipanen dari hutan lestari memiliki jejak karbon negatif karena kayu sebenarnya menyimpan karbon dan tidak dilepaskan ke lingkungan. Inilah perbedaan utama antara kayu dan plastik.

Faktanya, pohon tidak ditebang secara khusus untuk membuat palet, seperti yang diyakini beberapa orang. Kenyataannya, hutan dikelola secara aktif, dan hanya dipanen untuk bahan bangunan dan furnitur. Palet dibuat dari kayu yang tersisa.

Kekurangan Pallet Kayu
Pallet kayu kurang higienis
Salah satu kelemahan pallet kayu yang menonjol adalah,  kayu tidak tahan terhadap air,rayap, serangga dan cenderung menyerap zat berbentuk cair, gas. Sehingga kurang cocok untuk industri yang sangat memperhatikan masalah kebersihan dan kesehatan: seperti industri pengolahan makanan, produk-produk kesahatan.

Pallet kayu Lebih Berat

Dibandingkan pallet plastik, pallet kayu lebih berat. Hak ini tentu saja kurang tepat kalau digunakan untuk kebutuhan ekspor import.

Mengandung Paku
Pallet kayu di buat dari susunan potongan-potongan kayu yang saling di kaitkan dengan cara dipaku. Dalam pemakaian  beberapa kali, paku ini akan kendor dan menonjol dari kayu, sehingga ini bisa menimbulkan kerusakan pada kemasasn produk yang di letakkan di atasnya. Selain itu, paku-paku ini juga tidak aman untuk pekerja.

Kesimpulan:
Setiap jenis pallet pada dsarnya memiliki kelebihan dan kekurangan, sekarang tinggal kita pandai dalam memilih pallet yang sesuai dengan kebutuhan kita. Apabila Anda kesulitan dalam memilih pallet yang akan Anda gunakan, silakan menghubungi sales kami. Jika Anda ingin menyewa pallet kayu, baca sewa pallet kayu.